Selasa, 27 Februari 2018

Ensiklopedia Singkat : Negara

Hi,friends! Jumpa lagii :v Di postingan saya yang ke-3 ini, saya akan menulis tentang ensiklopedia singkat yang membahas beberapa negara di dunia. ENJOY READING~~~

1. German

Hasil gambar untuk german  Ibukota : Berlin


Bagaimana orang Jerman menyebut negaranya sendiri? Sebenarnya mereka bukan menyebut Jerman, tapi Deutschland.
Banyak negara yang menderita akibat perang, tapi Jerman adalah negara yang memiliki korban perang paling banyak karena Jerman terlibat 2 kali dalam Perang Dunia. Karena itu, banyak orang Jerman yg jatuh miskin.

Di negara ini dibangun Tembok Berlin, yg membagi Jerman menjadi dua bagian, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Saat terpisah, kedua negara tersebut menderita akibat perang.
Tetapi, berkat ketekunan bersama, Jerman menjadi salah satu negara kaya di dunia.

Akhirnya, Tembok Berlin runtuh dan Jerman kembali bersatu. Namun, orang Jerman belum dapat melupakan kenangan pahit akibat perang.


^^MENJELAJAH JERMAN^^

1. Cerita Dongeng

Putri Salju, Pangeran Kodok, Pemusik dari Bremen, Hansel dan Gretel,Thumbelina... Semuanya cerita dongeng klasik dari Jerman.

Cerita dongeng zaman dahulu yg menarik dikumpulkan kemudian ditulis dalam bentuk buku. Jika pergi ke Jerman, kalian bisa melihat istana atau desa yg menjadi latar belakang cerita dongeng.

Hasil gambar untuk kastil neuschwanstein
                    Kastil Neuschwanstein di Jerman.

2. Sosis

Sosis bukanlah makanan utama orang Jerman. Namun, terdapat lebih dari 1.500 jenis sosis di Jerman!

Hasil gambar untuk sosis jerman
                  Aneka Sosis di Jerman

3. Jalan Bebas Hambatan (Autobahn=Superhighway)

Sebagai kerajaan produsen mobil, di Jerman terdapat jalan bebas hambatan/jalan tol supercepat dengan panjang kira-kira 11.000 km.

Di jalan ini, boleh mengendarai mobil dengan kecepatan tidak terbatas, tapi keselamatan tetaplah yg utama.

Hasil gambar untuk superhighway jerman
                              Autobahn di Jerman


2. France

Hasil gambar untuk france  Ibukota : Paris

Zaman dahulu di Prancis, hiduplah seorang raja. Raja itu bernama Louis ke-14 yg juga terkenal dengan perkataannya, "aku adalah negara". Dia adalah seorang raja yg diktator dan memonopoli kekayaan kerajaan utk kepentingan pribadi.

Pada masa itu, orang-orang mulai mengenal Prancis sebagai pusat mode dan seni. Tari yang disukai raja yaitu tari balet dan masakan yang disukai raja juga ingin dimakan oleh semua orang.

Prancis segera menjadi pusat seni dan budaya di Eropa. Selain itu, berbagai macam jenis seni juga berkembang di negara ini.


^^MENJELAJAH PRANCIS^^

1. Istana Versailles

Sebuah Estate yang dibangun oleh Louis XIV sebagai simbol monarki absolut pada area seluas 800 hektar. Bangunan megah ini juga dikenal luas sebagai testimony of Sun King’s extravaganza. Tempat ini terletak hanya 15 mil atau sekitar 25 km sebelah barat daya kota Paris. Bangunan itu dinamakan Chateau de Versailles

Keindahan rancang bangun Istana Versailles dilengkapi dengan tatanan taman istana yang tak kalah indahnya. Taman ini pertama kali dirancang oleh Andre Le Notre pada kurun 1660-an. Ia melakukan perbesaran lahan beberapa kali hingga mencapai luasan 101 hektar. 

Gambar terkait
                   Halaman depan Istana Versailles
2. Menara Eiffel

Di Paris, untuk memperingati dibukanya pameran seni internasional pada tahun 1889, dibangunlah Menara Eiffel. Saat itu, mereka ingin mendirikan bangunan yang tinggi. Sekarang, Menara Eiffel menjadi simbol Kota Paris.

Hasil gambar untuk menara eiffel

3. Museum Louvre

Museum Louvre adalah museum yg menyimpan bermacam macam karya seni dari segala penjuru dunia yang berasal dari Mesir kuno hingga kini. Untuk melihat semua karya seni di museum ini, dibutuhkan waktu kira-kira seminggu.
Sehingga bisa dibayangkan betapa besarnya museum ini.

Hasil gambar untuk museum louvre


3. Mesir

Hasil gambar untuk bendera mesir  Ibukota : Kairo

Mesir adalah negara yang berada di tengah gurun pasir. Orang Mesir bisa bertahan hidup disana karena berkat Sungai Nil. Sungai terbesar di dunia ini, airnya memberikan kehidupan bagi lingkungan di sekitarnya.

Di daerah ini, orang-orangnya membangun bangunan misterius seperti piramida dan sphinx. Tak hanya itu, mereka juga menciptakan piktograf (hieroglif) dan mengembangkan ilmu astronomi.

Maka, bisa dikatakan peradaban pada zaman kuno telah dimulai di daerah ini.
Sampai sekarang pun, masih banyak orang yg mempelajari tentang Mesir.


^^MENJELAJAH MESIR^^

1. Piramida

Dahulu kala, orang Mesir menyembah Dewa Matahari. Bagi orang Mesir, raja dianggap penting sama seperti Dewa Matahari. Karena itu, ketika raja meninggal dunia, agar jenazah raja dekat dengan matahari, mereka membangun makam besar setinggi 50 m.

Bentuknya seperti gunung tinggi disebut piramida. Piramida bisa memuat kira-kira 100 ribu orang dan untuk membangunnya butuh waktu 20 tahun.

Gambar terkait

2. Sphinx

Tepat di depan piramida, terdapat patung penjaga gagah perkasa yaitu sphinxs. Wajahnya mirip dengan raja dengan badan seekor binatang buas. Dalam mitos Yunani, sphinx juga terkenal sbg monster.

Gambar terkait

3. Terusan Suez

Terusan Suez adalah sebuah kanal yang dibangun sebagai jalan pintas (lewat air=waterway) dengan menggali tanah sehingga menghubungkan pelabuhan ke laut. Kanal ini dapat dilalui oleh kapal besar.

Hasil gambar untuk terusan suez


4. Swiss

Hasil gambar untuk bendera swiss    Ibukota : Bern

Swiss adalah negara yang tidak memihak siapa-siapa. Ketika negara lain berselisih dalam peperangan, Swiss tidak memihak ke negara manapun. Negara ini merupakan negara netral. 

Kebudayaan Swiss merupakan perpaduan antara kebudayaan Prancis,Jerman, dan Italia. Oleh karena itu, bahasa ketiga negara tersebut, ditambah bahasa Romansch, menjadi bahasa nasional Swiss.


^^MENJELAJAH SWISS^^

1. Gunung Jungfrau

Jungfrau (dalam bahasa Jerman memiliki arti "maiden/virgin"), merupakan salah satu puncak dari pegunungan Alpen Bernese yang berada di antara kanton Valais dan Bern yang ada di wilayah Swiss. Puncak gunung Jungfrau bersama dengan puncak gunung Eiger dan Monch, merupakan formasi puncak pegunungan yang bisa dilihat dari wilayah Berneses Oberland dan diakui sebagai salah satu sudut pandang yang paling menakjubkan dari pegunungan Alpen, Swiss.
Dengan dibangunnya kontruksi [rel|jalur]] kereta api dari Jungfrau menuju area puncak pada awal abad ke-20, membuat area ini menjadi salah satu area di pegunungan Alpen Swiss yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Hasil gambar untuk gunung jungfrau

2. Jam
Swiss terkenal sebagai negara pembuat jam tangan dan jam antiair pertama di dunia.
Karena itulah Swiss juga disebut sebagai "negara jam".

Hasil gambar untuk jam buatan swiss

3. Jembatan Kapel (Kapellbrucke)
Pada tahun 1333, Jembatan Kapel dibangun di atas Danau Lucerne. Ini merupakan jembatan kayu paling tua dan terpanjang di Eropa. Di tengah-tengah jembatan terdapat menara air. Walaupun menara ini bisa dimasuki, jangan masuk karena berbahaya.
Hasil gambar untuk jembatan kapel

5. Turki
Hasil gambar untuk bendera turki  Ibukota : Ankara
Hanya ada satu kota di dunia yang terletak diantara dua benua, yaitu Kota Istanbul. Satu sisi Istanbul berada di Asia dan satu sisi lainnya berada di Eropa.
Dahulu, Turki merupakan kerajaan besar bernama Turki Usmani.  Wilayahnya sangat luas, mencakup Eropa sampai dengan Afrika. Oleh karena itu, kebudayaan Turki merupakan perpaduan antara kebudayaan Timur dan Barat.

^^MENJELAJAH TURKI^^

1. Troya
Troya adalah salah satu tempat yang disebutkan dalam cerita mitos Yunani. Dulu, Yunani berperang melawan Troya. Berapa kalipun berperang, Yunani tidak pernah menang melawan Troya, hingga akhirnya Yunani membuat jebakan.
Tentara Yunani bersembunyi di dalam kuda kayu yg dipersembahkan untuk raja Troya. Orang Troya yang tidak tahu mengangkat kuda kayu itu masuk kota. Tentara Yunani yg bersembunyi di dalam patung kuda pun langsung menyerang Troya sehingga meletuslah perang.
Hasil gambar untuk troya

2. Kebab
Masakan Turki adalah masakan paling terkenal nomor tiga di dunia setelah masakan China dan Prancis. Kebab adalah masakan spesial Turki, yaitu "irisan daging bakar yang dimasukkan kedalam roti Turki". Kira-kira ada 200-300 jenis kebab.

Hasil gambar untuk kebab

3. Gunung Ararat
Misteri di mana bahtera Nabi Nuh berada terus menjadi kontroversi, memikat para arkeolog, ilmuwan, sejarawan, para petualang, dan pemeluk agama. Dan kebanyakan mengarah ke satu titik: Gunung Ararat di Turki. 

Seperti dikisahkan dalam kitab suci tiga agama -- Islam, Kristen, dan Yahudi -- sekitar 4.800 tahun lalu, dunia dilanda bencana mahadahsyat untuk menyadarkan umat manusia: b
anjir raksasa.

Hasil gambar untuk gunung ararat




Sumber gambar :
http://raden-io.blogspot.co.id/2010/05/kapal-nabi-nuh-ditemukan-di-pegunungan.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar